Selasa, 13 November 2012

GERAK DASAR LOMPAT JAUH



GERAK DASAR LOMPAT JAUH

Materi : kelas 5 semester 2
Standar kompetensi : 6. mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi dasar : 6.1 mempraktikkan variasi teknik dasar olahraga : bola besar; bola kecil; atletik; disertai nilai kerjasama, sportivitas, percaya diri, dan kejujuran

       Lompat jauh adalah suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Gerak lompat jauh merupakan gerakan dari perpaduan antara kecepatan, kekuatan, kelenturan, daya tahan, ketepatan.
       Tujuan lompat jauh adalah lompat melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya, dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian menolak, melayang di udara dan mendarat. 

Teknik dasar lompat jauh
Teknik atau kelangsungan dari gerakan lompat jauh dapat dibagi sebagai berikut:
a. Awalan atau ancang-ancang
Untuk latihan dimulai dari jarak yang dekat dimulai dari 5 langkah, 7 langkah, 9 langkah dan seterusnya sambil memperhatikan kaki saat menumpu.
Cara melakukan awalan atau ancang-ancang lompat jauh sebagai berikut:
B. Tumpuan atau tolakan
Cara melakukan tumpuan atau tolakan sebagai berikut:
1. Ayunkan paha dan kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan.
2. Luruskan kaki, lutut, dan pinggang saat melakukan tolakan.
C. Melayang diudara
Ada tiga cara sikap melayang di udara (gaya) dalam lompat jauh, diantaranya:
1). Melayang dengan sikap jongkok dengan cara waktu menumpu kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan.
Gerakan ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


2). Melayang dengan sikap bergantung cara melakukanya yaitu waktu menumpu kaki ayun dibiarkan tergantung lurus, badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke-dua lengan direntangkan ke atas.

Gerakan ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


d. Mendarat
Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dua kaki.

1 komentar: